Saturday, October 26, 2013

Sejarah Animasi


Animasi mulai dikenal pada tahun 1800-an, pada masa itu juga tepatnya tahun 1824, Peter Mark Roger mempublikasikan sebuah artikel berjudul "The presistence of Vision with Regard to Moving Objects" yang berisi tentang penelitian bahwa ternyata mata manusia tetap menyimpan object per sekian detik lebih lama dibanding dengan keberadaan object yang telah dilihatnya. Thaumatrope adalah salah satu alat yang mendukung teori animasi tersebut. Alat tersebut diciptakan pada tahun 1825 oleh tiga orang yang berbeda yaitu Peter Mark Roger, John Ayrton, dan Fitton.
Simon Ritter von Stampfer pada tahun 1833, menciptakan alat yang bernama Stoboscope. Tak lama setelahnya sebuah alat yang bernama Phenakistoscope diciptakan oleh Joseph A. F. Plateau. Pada prinsip nya dua alat tersebut hampir sama dengan Thaumatrope.
Dalam perjalanan waktu perkembangan animasi semakin pesat, hingga pada tahun 1913 mulai ada penggunaan kertas transparan untuk menggambarkan latar belakang (background) dari kartun yang dibuat oleh Jhon Bray. Kemudian penggunaan lembar selluloid transparan oleh Earl Hurd adalah awal adanya Cell Animation yang kemudian menjadi dasar perkembangan animasi dan grafis selanjutnya.
Walt Disney memulai membuat filem animasi anak-anak pada 1923, dan pada 1928 Disney membuat film kartun bersuara pertama, yang berjudul "Screamboar Willie" yang dibintangi oleh Mickey Mouse.
Hingga saat ini mungkin ada ribuan studio animasi di Amerika, beberapa yang terkenal adalah Walt Disney, Nickleodeon, Warner Bros, dan Hanna Barbera.


Regards, Must Zeen :)

No comments:

Post a Comment

Saya butuh masukkan dari rekan, Silahkan tinggalkan masukan saran dan kritik yang membangun :)
"I need input from colleagues, Please leave feedback and suggestions constructive criticism :)"